Selasa, 19 November 2013

"Back To Posko" Yon II/Unpad 2013 Silaturahmi Sarat Makna

1384686352487049078
Peserta Silaturahim Lintas Kompi "Back to Posko", Jatinangor, 17 Nopember 2013
REUNI ...
oleh : dadan wahyudin anggota senior dari Kie W diposting 17 Nopember 2013 pukul 19.30 WIB

Silaturahmi lintas kompi yang diadakan Yon II Unpad tadi siang, di Jatinangor, Minggu, 17 Nopember 2013 begitu sarat makna.  Silaturahim  ini merupakan rangkaian peringatan hari ulang tahun Resimen Mahasiswa Mahawarman Batalyon II/Universitas Padjadjaran yang ke-49 tanggal 11 Nopember yang lalu.

Bagi saya sendiri, karena untuk kali pertama, sebagai  salah satu "veteran" Resimen Mahasiswa Unpad bisa ikut serta merupakan kebahagiaan tersendiri. Sementara strategisnya kegiatan ini,  dihelat satu tahun menjelang HUT Emas Yon II/Unpad, penggagasan pendirian badan usaha dikelola alumni,  dan  rencana relokasi Posko ke tempat lebih representatif.

Sebagai Kompasianer saya pun mendapat anugrah, berkesempatan berjumpa dengan kompasianer senior, yakni Mbak Wahyuni Susilowati yang telah malang melintang dalam dunia menulis, baik reportase, opini,  maupun meluncurkan buku.  Dalam acara ini, mbak Wahyuni diberi tanggung jawab sebagai pucuk tertinggi kegiatan ini yakni Ketua Pelaksana Silaturahim Lintas Kompi "Back to Posko" 2013.  Satu lagi, saya berjumpa dengan Ketua Korps Batalyon II atau orang nomor satu dijajaran alumni Bapak Siswoko Wok yang juga kompasianer senior saya. Dengan keduanya, pertemuan selama ini dijalin hanya melalui dunia maya, yaitu kontak komentar postingan  sesama kompasianer dan melalui facebook.  Adalah kebahagiaan  tak terperi bagi saya bisa berjumpa langsung dengan penulis hebat di depan Posko Menwa Jatinangor.
13848019871514316193
Berkesempatan mengambil gambar dengan Mbak Wahyuni,
seorang Kompasianer juga Ketua Pelaksana Acara
Berdaya guna
Dalam sambutannya Ketua Korps Batalyon II, Pak Wok memaparkan bahwa  tugas korps Batalyon sebenarnya sederhana, yaitu sebagai tempat silaturahmi anggota senior dan kedua sebagai orang tua adik-adik anggota organik.  Sementara acara Silaturahim lintas kompi "Back to Posko" sebagai tema kegiatan kali ini agar para senior bisa bertemu dengan teman-teman lama dan mengenang saat indah pernah dirajut masa lalu.

Dalam acara Silaturahmi juga dibahas mengenai program kerja bidang Dana dan Usaha, untuk membentuk unit usaha sebagai media menggalang dana dengan menggunakan segala potensi yang ada, seperti melibatkan potensi anggota alumni melalui kerja sama saling menguntungkan.  Penggalangan dana ini dikaitkan dengan rencana relokasi Posko memerlukan dana  tidak sedikit.  Bapak Arfan Joelianto berkesempatan memaparkan rencana pembentukan badan usaha perseroan terbatas ini di depan peserta silaturahmi pada part pertama sebelum istirahat, solat, makan, dan sesi foto tahap pertama.

1384802084875267062
Dengan Kang Taufik Baffadhal, Wakil Ketua Korp Batalyon II
yang menyajikan presentasi tentang relokasi Posko
















Presentasi lainnya di hadapan peserta silaturahim berkaitan Selebrasi 50 Tahun Yon II/Unpad oleh Mas Gimbond Buchori Soemadiredja yang dikemas dengan tajuk "Konser Swara Ibu Pertiwi".  Tema ini cukup aktual dalam rangka menumbuhkembangkan semangat dan nilai-nilai patriotisme serta nasionalisme di kalangan generasi muda cenderung  terdegradasi.  Konser tersebut rencananya bakal  ditampilkan di Gedung Sasana Budaya Ganesha bulan November tahun depan.

Sementara presentasi relokasi Posko dibawakan oleh Kang Taufik Baffadhal.  Kondisi Posko semula yang berlokasi di Jalan Dipatiukur sangat berbeda dengan di Kampus Jatiangor.   Sesuai dengan tema silaturahmi "Back to Posko" memiliki aktualitas berkaitan  tawaran pihak UNPAD untuk membangun Posko yang lebih representatif di dekat cek dam.  Posko sekarang relatif sempit.  Untuk membangun Posko baru dibutuhkan sejumlah dana berupa swadaya.  Proposal dan gambar Posko telah dibuat dengan memanfaatkan alumni.  Keanekaragaman keahlian  dan kolaborasi alumni dan anggota organik di berbagai bidang diharapkan  terwujudnya Posko representatif merupakan sebuah keniscayaan.
1384693765614823317
Sama Pak WOK, pucuk pimpinan anggota senior/
Ketua Korps Batalyon II



















pembelajaran  softskill dan ajang berbagi
Sementara Danyon II/Unpad, Amirul Mu'minin dalam sambutan pada buku "Back to Posko" mengungkapkan persoalan dihadapi anggota menwa adalah dispensasi yang terbatas.  Padahal mahasiswa dituntut aktif berorganisasi untuk mendapatkan soft skill dari organisasi yang digelutinya.  Danyon menyebutkan bahwa mahasiswa juga dituntut memiliki dokrin kebangsaan dan kerakyatan seperti pesan lemhanas dalam dialog kebangsaan yang digelar di Unpad beberapa waktu lalu. Anggota menwa diharapkan mampu menularkan rasa cinta tanah air dan wawasan kebangsaan kepada mahasiswa lainnya.

13847257671928283052
Dengan Mas Gimbond, ahli peta ulung, membawakan presentasi
Selebrasi 50 tahun Yon II/Unpad





















Dua artikel dalam buku "Back to Posko" ,  Pak  Soebandono  melalui tulisan berjudul  "Back to Posko, Sebuah Renungan" dan "Back to Posko Yon Dua Unpad" oleh Kang  Effendi Soen.

Posko menurut Pak Soebandono memiliki banyak kenangan bagi para anggota. Di Posko bisa saling berbagi, dan di Poskolah banyak digagas ide-ide.  Perihal fungsi menwa saat itu, dipaparkan bahwa sebelumnya, tahun 1959  mahasiswa dilibatkan berkontribusi menyelesaikan masalah keamanan dalam menumpas DI/TII dalam Wajib Latih (WALA). Tahun 1962, mahasiswa sudah dimobilisir untuk siaga menghadapi Belanda dalam merebut Irian Barat dan dipersiapkan menghadapi tantangan saat Konfrontasi dengan Malaysia. Pengembangan kekuatan dengan melatih mahasiswa dalam Batalyon di setiap universitas besar diberi wadah dengan sebutan Resimen Mahasiswa. Dhuaja Resimen Mahasiswa Mahawarman diserahkan langsung oleh Jenderal AH Nasution.

Adapun Posko Yon II Unpad menurut Kang Effendi Soen merupakan tempat  berkumpul dan berlatih, bukan hanya mendapat ilmu dan pelatihan organisasi kemiliteran dalam suasana kemahasiswaan, tetapi melahirkan suasana persaudaraan dan jiwa korsa yang telah melekatkan dan mematrikan bukan sekedar kemampuan, tetapi jiwa militan cendekia sebagai wujud Widya Castrena Dharma Sidha.  Satu lagi ada tulisan Prof. Dr. Poniah Andayaningsih, MS seorang perintis Yon II/Unpad yang memecut agar Korps Batalyon II menjadi wadah bagi figur-figur Berpendidikan Plus, Cerdas dan Berkepribadian, sehingga Korp dapat berdiri tegak  seraya menanti kiprah fenomenalnya.

Acara seminar nasional  juga  Temu Alumni di tempat prestisius saat itu, Aula PSBJ Bahasa Jepang (satu-satunya  gedung di UNPAD Jatinangor  diperuntukkan hanya untuk kegiatan skala nasional saat itu) melengkapi seremoni tahunan tsb.  Dua kali kami menjadi pasukan istimewa membawa tunggul Batalyon muncul saat renungan malam dan apel besar.  Sebelumnya, kami bertatap muka langsung dengan Jenderal Besar AH. Nasution di kediamannya dalam rangka audiensi, silaturahim, dan meminta kesediaannya menjadi narasumber seminar nasional. Aktivitas pertama yang menjadi pengalaman sarat makna dan inspirasi.

Momen di Jatinangor saat itu sangat strategis dalam upaya "menjajaki  Kampus Masa Depan" yang secara "de fakto" masih belum tersentuh oleh aktivitas menwa saat itu.

13848023611785049139
Dengan bendera Kie W; Simbol eksistensi dan
heroisme kompi kami; tersimpan rangkaian
aktivitas kompi untuk Yon II
Ya di Posko sejuta kenangan tertumpahkan.  Rasa takut, rasa getir, haru, greget, canda, tawa, sumringah, atau tangis merupakan bagian perjalanan hidup yang telah menempa kami menjadi sosok pribadi yang struggle, tahan uji, dan terbiasa dalam tantangan.  Di Posko lahir ide-ide dan kreativitas telah dirajut dan dijewantahkan dalam bentuk aktivitas menjadi pembelajaran berharga yang belum tentu dialami mahasiswa lain.

Demikian ulasan  informasi singkat mengenai Silaturahmi Lintas Kompi "Back to Posko" yang dipadukan dengan buku pengantar Silaturahim dibagikan Panitia dilengkapi secuil kisah kecil penulis untuk memberi penguatan bagi anggota organik untuk terus berkarya dan berprestasi. Silaturahmi Minggu, 17 Nopember 2013 sangat strategis untuk menyiapkan agenda besar menyambut HUT Emas  tahun mendatang.  Komunikasi lintas kompi ini sangat penting untuk menyatukan visi dan derap langkah.  Dengan soliditas dan kerja sama, segala hambatan yang ada akan dilalui.

Dirgahayu Yon II/Unpad  XLIX,   11 Nopember 1964 - 11 Nopember 2013. ****






























Tidak ada komentar:

Posting Komentar